CONTACT ME:

Workshop e-Smart IKM LMEA (Industri Jasa) bersama Kemenperin & Relawan TIK

Dalam rangka pelaksanaan program e-Smart IKM yang bertujuan untuk memperluas akses pasar pelaku industri kecil dan menengah (IKM) melalui teknologi digital (online) serta sebagai rangkaian program Bangga Buatan Indonesia #FestivalJogloSemar yang berlangsung pada bulan Mei 2021 Kementerian Perindustrian mengundang Relawan TIK sebagai salah satu narasumber instruktur dalam kegiatan “Workshop e-Smart IKM LMEA (Industri Jasa)”

Di mana kegiatan tersebut menyasar berbagai pelaku IKM jasa ;

  • Bengkel Motor
  • Bengkel Mobil
  • Bengkel Sepeda
  • Bengkel Modif Motor/Mobil/Sepeda
  • Bengkel Las
  • Bengkel Bubut
  • Servis Elektronik
  • Servis HP
  • Servis Laptop / Komputer
  • Servis AC

dengan target peserta 150 (seratus limah puluh) orang yang diadakan di SMK SMTI Yogyakarta pada tanggal 11 April 2021 dan dihadiri oleh Justby Haqi / A.M. Bayhaqi sebagai narasumber instruktur yang merupakan Ketua DPD Relawan TIK Sleman.

Sesi penyampaikan materi Workshop e-Smart IKM LMEA (Industri Jasa) bersama Kemenperin & Relawan TIK – Justby Haqi

Adapun materi yang dibawakan dan disampaikan meliputi ;

  • Pembuatan poster dengan Canva;
  • Whatsapp For Business;
  • Google For Business (memunculkan usaha di google maps dan google review)

Justby Haqi selaku pemateri menambahkan bonus materi terkait manajemen memori dan paket data agar smartphone bisa digunakan secara maksimal pada saat melaksanakan praktek pembuatan poster, setup WA bisnis, maupun aktivasi GMB dikarenakan membutuhkan memori untuk menginstal aplikasi canva, wa bisnis, dan googe bisnisku.

Pada saat sesi praktek pembuatan poster canva, Justby Haqi menambahkan aplikasi berbasis website pengganti background tanpa harus membebani memori smartphone sebagai salah satu aplikasi yang memudahkan peserta untuk mengganti background foto produk sebelum diedit menggunakan canva. Kemudian peserta ditugaskan untuk membuat poster tematik menyesuaikan produk yang dimiliki. Semisal tema poster promosi bulan ramadhan

Di sisi lain pada saat praktek WA bisnis, Justby Haqi menekankan betapa pentingnya menyediakan nomor HP khusus bisnis yang memang disebarkan untuk kebutuhan komunikasi bisnis dengan konsumen dan melakukan backup data chating terlebih dahulu sebelum migrasi atau memindahkan isi chating dari WA reguler atau WA pribadi biasa yang lama dan sudah terlanjur digunakan untuk menjadi WA bisnis.

Kemudian peserta diarahkan oleh Justby Haqi untuk menyiapkan konten naratif melalui aplikasi catatan untuk kemudian diintegrasikan pada fitur-fitur WA bisnis baik profil bisnis, jawab otomatis, ucapan selamat datang, balas cepat, katalog produk, dan lain sebagainya.

Di sesi akhir materi, setelah para peserta melengkapi informasi persyaratan aktivasi data pada google my business Justby Haqi mengarahkan peserta untuk membuat website gratis secara cepat dalam bentuk landing page dengan memanfaatkan fitur dan konten yang sudah diisi oleh pesrta melalui GMB.

Justby Haqi berharap para peserta bisa memahami dan memaksimalkan smartphone dengan menggunakan aplikasi sederhana yang gratis untuk mengembangkan bisnisnya di era digital terlebih di masa pandemi di mana konsumen mengalami perubahan perilaku konsumen yang biasanya berbelanja secara offline menjadi secara online.

Sesi Foto Bersama Peserta Workshop e-Smart IKM LMEA (Industri Jasa) bersama Kemenperin & Relawan TIK – Justby Haqi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *